Free money making opportunity. Join Cashfiesta.com and earn cash.

Selasa, 05 Juli 2011

BAB I

PENDAHULUAN

Setiap orang memerlukan hidup sehat. Dengan hidup sehat, manusia dapat lebih produktif. Untuk seorang pekerja, kesehatan menjadikan dia lebih produktif. Sedangkan bagi siswa, kesehatan menjadikan dia mampu berkonsentrasi tinggi untuk belajar. Bukan hanya pekerja dan pelajar, setiap orang menginginkan tubuh sehat agar dapat beraktivitas dengan baik.

Penyakit dapat diobati, dihindari, dan dicegah datangnya. Sebelum penyakit itu datang, kita dapat mencegah. Salah satu caranya adalah dengan pola makan yang tepat, gizi seimbang, dan menghindari kebiasaan makanan yang tidak sehat.

Saat ini kita mengenal istilah penyakit yang disebut osteoporosis. Pengertian umum untuk istilah penyakit ini adalah perapuhan tulang. Para penderita penyakit ini akan merasakan tulangnya nyeri. Bahkan tulang yang keropos ini sangat rentan patah. Biasanya osteoporosis diderita oleh orang dewasa, dan tubuh manusia memerlukan zat gizi dalam bentuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Aturan makanan yang baik dulu dikenal dengan slogan "Empat sehat lima sempurna". Saat ini, slogan itu telah disesuaikan dengan sebutan "Makanan dengan gizi seimbang", artinya adalah makanan yang kita makan sehari-hari sesuai dengan kebutuhan gizi, karena kelebihan atau kekurangan gizi pada manusia menimbulkan persoalan kesehatan.


 

BAB II

KALSIUM DALAM TUBUH MANUSIA

A.    Apa Itu Kalsium?

Kalsium adalah salah satu unsur kimia. Kalsium merupakan salah satu mineral yang amat penting bagi manusia. Fungsinya pada manusia antara lain untuk pembentuk tulang, metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf, kerja jantung dan pergerakan otot.

Sebagai unsur kimia, lambang unsurnya adalah Ca dengan nomor atom 20. Bentuk tampilan putih keperakan dengan deret kimia logam-logam alkali tanah, kalsium (Ca) fosfor (P) dan magnesium (Mg), merupakan komponen utama pembentuk tulang. Kalsium pada kerangka manusia orang dewasa beratnya sekitar satu kilogram. Mineral ini diperoleh oleh tubuh manusia melalui penyerapan dari makanan. Dalam masa pertumbuhan, yaitu anak-anak dan remaja, mineral ini diserap oleh tubuh dan digunakan untuk pertumbuhan tulang. Di usia sekitar 20-30 tahun, manusia tidak mampu lagi menyimpan mineral di dalam tulang. Penyerapan mineral oleh tubuh manusia terganggu oleh beberapa sebab, yaitu kurang olahraga, rokok dan minuman beralkohol.

Berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) untuk orang Indonesia usia 10-18 tahun (laki-laki dan wanita) adalah 1000 miligram perhari. Untuk wanita hamil dan menyusui, konsumsi kalsium lebih tinggi, karena ia juga harus menyediakan untuk anaknya. Wanita hamil dan menyusui disarankan 950 miligram perhari.

Kalsium berada dalam tubuh manusia di dalam tulang dan gizi. Jumlahnya sekitar 33% dari seluruh jumlah kalsium pada tubuh manusia. Satu persen kalsium terdapat pada darah, dan jaringan lunak. Kalsium berperan sangat penting dalam sistem saraf, kontraksi otot, pengaturan tekanan darah, dan pelepasan hormon.

Setiap saat tubuh memerlukan kaslium untuk perannya dalam sistem organ tubuh. Kalsium yang diperlukan untuk itu jumlahnya sekitar 1%. Makanan yang dikonsumsi setiap hari menjadi sumber kalsium untuk tubuh. Jika kalsium yang diserap dari makanan itu tidak memenuhi kebutuhan tubuh, maka tubuh akan menyerap kalsium dari dalam tulang, kekurangan makanan yang mengandung kalsium dalam waktu lama akan mengurangi kekuatan tulang karena mineral kalsiumnya telah berkurang, dan tulang akan mengalami pengeroposan tulang.

B.    Penyerapan kalsium oleh tubuh

Kalsium sangat penting dalam tubuh, maka kalsium harus dapat diserap oleh tubuh dengan maksimal.

Beberapa faktor yang meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh antara lain :

1.    Tingkat kebutuhan kita terhadap kalsium

    Peningkatan kebutuhan terjadi pada pertumbuhan, masa kehamilan, dan menyusui.

2.    Vitamin D

    Vitamin D merangsang absorbsi kalsium di dalam usus. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium secara lebih efektif. Vitamin D merupakan regulator positif bagi metabolisme kalsium dan meningkatkan penyerapan kalsium sebanyak 2,5 kali.

3.    Asam Klorida

    Asam klorida yang dikeluarkan oleh lambung membantu penyerapan kalsium dengan menurunkan PH di bagian atas usus halus.

4.    Makanan yang mengandung lemak

Lemak yang meningkatkan waktu transit makanan melalui saluran cerna, dengan demikian memberikan waktu lebih banyak untuk absorbsi kalsium.

Faktor-faktor yang menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh antara lain :

1.    Kekurangan vitamin D

2.    Makanan yang mengandung oksilat seperti bayam

3.    Makanan yang tinggi serat karena mempercepat waktu transit makanan.

C.    Fungsi Kalsium

Kalsium berperan penting dalam seluruh proses perkembangan makhluk hidup, dan kalsium turut berperan aktif dalam tahap perkembangan manusia, yaitu masa kehamilan, anak-anak, remaja dan dewasa.

1.    Gerakan sperma menuju sel telur, mengandalkan energi dari kalsium. Getaran kalsium dapat mengaktifkan sel telur sehingga ia dapat dibuahi, saat itulah terjadi pembuahan. Pada saat yang sama pertikel berbentuk gelombang yang dibentuk oleh calcium mengelilingi sel telur. Inilah yang disebut getaran kalsium.


 

2.    Kalsium adalah pembentuk tulang dalam tubuh manusia. Tulang kepala (tengkorak) melindungi otak yang berfungsi sebagai pusat kendali manusia.

-    Kekurangan kalsium pada anak di bawah 10 tahun dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

-    Kekurangan calcium pada masa muda mempengaruhi semangat belajar dan bekerja serta kesehatan psikologis.

-    Pada masa setengah baya dan usia lanjut, tanpa penambahan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis dan penyakit lainnya.


 

Pengaruh kalsium bagi wanita terjadi pada tiga bulan sesudah kehamilan. Kebutuhan bayi dalam kandungan akan calcium bertambah dengan cepat. Saat ini sang ibu selain mensuplai calcium kandungannya, volume peredaran darah dalam dirinya juga akan bertambah, sehingga menyebabkan calcium dalam darahnya berkurang dan timbullah gejala calcium rendah dalam darah. Lebih lagi kekurangan calcium akan mempengaruhi bayi untuk tumbuh abnormal, bahkan dapat menyebabkan cacat alami pada bayi atau lemah dan mudah terserang penyakit.

Fungsi indung telur pada wanita menopause berkurang, begitu juga pada tingkat kadar hormon wanitanya yang menurun. Dengan demikian kandungan calcium dalam tulang secara nyata berkurang. Di samping itu pada wanita usia lanjut, daya serap usus terhadap calcium akan melemah sehingga tubuhnya dalam kondisi kurang calcium yang paling parah. Dengan kata lain, seumur hidupnya wanita selalu perlu menambah calcium.

Perawatan rangka sangat penting, terutama pada anak-anak. Olahraga yang cukup juga penting untuk melatih kekuatan tulang dan otot.

Sikap tubuh yang salah dan dilakukan terus menerus akan menyebabkan beberapa kelainan antara lain :

1.    Kiposis adalaj kelainan tulang belakang yang membengkok ke belakang.

2.    Lordosis adalah kelainan tulang belakang yang membengkok ke depan.

3.    Skoliosis adalah tulang belakang yang membengkok ke kanan / ke kiri.

Kelainan tulang dapat dihindari dengan menjaga sikap tubuhmu sebaik mungkin. Selain kebiasaan buruk, kelainan tulang juga dapat terjadi karena penyakit-penyakit tulang yang disebut rakhitis. Agar terhindar dari rakhitis kita harus cukup makan makanan yang begizi dan bervitamin D. kanker tulang, rematik, ostheoporosis, dan TBC tulang dapat menyerang tulang jika tidak bisa menjaga kesehatan.

D.    Perjalanan kalsium di dalam tubuh

Kalsium sangat penting bagi tubuh. Kalsium yang dapat diserap oleh tubuh berbentuk cair. Akan tetapi kita dapat mengkonsumsi kalsium berbentuk padat yang terdapat dalam makanan.

Kelebihan kalsium yang diserap oleh tubuh disimpan di tulang. Aliran cairan tubuh termasuk aliran darah yang membawa kelebihan kalsium itu ke tulang. Kalsium masih dapat terlepas lagidari tulang. Proses ini sebenarnya terjadi secara alami, yaitu tulang menyimpan kalsium dan melepaskannya kembali untuk keperluan di dalam tubuh. Agar tubuh tetap sehat, tentu saja harus ada keseimbangan antara kalsium yang dilepaskan tulang dan kalsium yang disimpan di dalam tulang. Kekurangan kalsium dalam tulang membawa resiko kesehatan tulang. Bila kalsium yang disimpan dalam tulang lebih sedikit daripada yang dilepaskan oleh tulang, maka tulang akan dapat mengalami kerapuhan, mudah patah. Pada tingkat yang lebih parah, kita mengalami penyakit yang disebut osteoporosis.

BAB III

KALSIUM DAN KESEHATAN

A.    Kekurangan Kalsium

Apa yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan kalsium? Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut :

  • Masa hamil : gigi linu, sakit punggung dan pinggang ngilu, tegang, lemah, mual di pagi hari, insomnia, keram.
  • Masa menyusui : gigi sakit dan linu, sakit pinggang, keram, osteoporosis, tulang mudah patah.
  • Masa pertumbuhan : pertumbuhan terlambat, menurunnya imunitas tubuh, mudah terserang influenza, pertumbuhan tulang tak baik, kebusukan gigi, mata minus.
  • Orang dewasa : keram otot, tegang dan sulit tidur, jantung berdebar tak normal, badan sering pegal.
  • Menopause : sakit pinggang, insomnia, tegang, nuansa hati tak baik.
  • Manula : insomnia, osteoporosis, tulang mudah patah, tinggi badan menyusut, sakit punggung dan pinggang ngilu, keram.

Terdapat tiga kelompok manusia yang mudah mengalami kekurangan kalsium yaitu :

1.    Bayi

2.    Ibu hamil dan menyusui

3.    Manula

Seorang bayi mengandalkan kalsium dari air susu ibunya. Setelah si bayi berhenti minum air susu ibu, kalsium dari air susu ibunya terhenti. Si bayi perlu mendapatkan kalsium dari makanan, berupa makanan dan susu. Kekurangan kalsium pada anak-anak dapat menyebabkan pertumbuhan tulang yang lemah, perkembangan terlambat, dan sebagainya. Anak yang kekurangan kalsium pada tubuhnya dapat ditandai dengan anak suka mengangis, mempunyai tabiat yang aneh, tidur tak nyenya, sulit tidur, malam terbangun, berkeringat banyak. Selain itu, anak mengalami kebusukan gigi, mata minus, bahkan menurunnya imunitas dan daya tahan tubuh, mudah terserang flu, sakit panas, diare dan sebagainya.

Setelah melahirkan, beberapa wanita merasakan gejala sakit pinggang. Keadaan ini merupakan pertanda bahwa kalsium dalam tubuhnya telah mulai berkurang. Apabila pada masa ini, yaitu kehamilan dan melahirkan, kalsium terlepas terlalu banyak, maka pada masa tua cenderung mengalami osteoporosis.

Kalsim adalah elemen yang memberi kekuatan atau kekerasan pada tulang. Tulang yang kuat dan keras yang mampu menopang berat badan manusia. Apabila di dalam tulang tidak terdapat kalsium yang cukup, akan terjadi kekacauan dalam metabolisme sel tulang, sehingga volume tulang akan berkurang. Inilah yang disebut osteoporosis atau keropos tulang.

B.    Osteporosis

Osteoporosis secara harfiahdapat diartikan tulang porous (berongga), yaitu keadaan dimana massa tulang berkurang dan menjadi rapuh. Pada kondisi tersebut komposisi tulang berangkai tidak berubah, tetapi berat tulang per unit volume menjadi berkurang.pada stadium lanjut, penderita osteoporosis akan mudah mengalami patah tulang jika terbentur atau jatuh, terutama pada bagian tangan, pinggang, dan tulang belakang.

Tidak ada gejala serius pada tahap awal serangan osteoporosis. Oleh sebab itu, banyak orang tidak menyadarinya. Kekurangan kalsium pada tubuh akan diperoleh dari tulang. Dalam waktu yang lama, tulang kehilangan cadangan kalsium, sehingga kekuatan dan kekerasannya berkurang. Osteoporosis berkembang secara lambat dan bertahap, maka penyakit ini biasa disebut "silent disease".

Kondisi rendahnya massa tulang dan tulang keropos ini biasanya baru disadari setelah seseorang mengalami patah tulang karena trauma ringan atau jatuh. Patah tulang akibat osteoporosis umunya terjadi pada tulang pinggul, tulang belakang atau pergelangan tangan.

Osteoporosis dapat disebabkan oleh massa tulang yang tidak maksimal di masa peak bone massa (puncak massa tulang) pada umur sekitar 30 tahun. Pada wanita yang telah mengalami menopause, massa tulang dapat turun drastic dan beresiko menyebabkan osteoporosis (rapuh tulang). Wanita kehilangan sekitar 10% massa tulangnya pada lima tahun pertama masa menopause. Penelitian-penelitian menunjukkan sekitar separuh dari wanita berusia di atas 60 tahun mengalami sekurangnya satu kali patah tulang akibat osteoporosis.

Ada sekelompok orang yang beresiko tinggi terkena penyakit osteoporosis yaitu :

  • Orang yang berusia lanjut, karena semakin tua kemampuan tubuh menyerap kalsium oleh usus semakin berkurang.
  • Wanita menurut Departemen Kesehatan RI, wanita memiliki resiko osteoporosis lebih tinggi dari 21,7 %. Walau tak setinggi pada wanita, pria juga beresiko terkena penyakit ini pada angka 14,8%
  • Orang yang kekurangan asupan nutrisi, terutama kalsium dan vitamin D.
  • Orang yang mempunyai gaya hidup tak sehat, antara lain : kurang berolahraga, banyak merokok, dan mengkonsumsi alcohol serta minuman yang berkafein.
  • Orang yang mengalami menopause dini (sebelum umur 45 tahun) atau telah mengalami menopause.
  • Orang yang memiliki postur tubuh yang kurus dan kerdil.
  • Orang yang rendah tingkat hormon seksual (estrogen pada wanita dan testosteron pada pria)
  • Orang dalam pengibatan penyakit tertentu yang mempercepat kehilangan massa tulang atau mempengaruhi metabolisme tulang.

Osteoporosis disebabkan dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, penyembuhannya pun tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Langkah terbaik tentu saja menghindari kerapuhan tulang itu. Penderita osteoporosis menanggung penderita patah tulang saat tulangnya sudah rapuh. Kerapuhan itu terjadi dalam waktu yang lama. Langkah terbaik tentu saja dengan pencegahan sebelum tulang itu rapuh.

BAB IV

KALSIUM PADA MAKANAN

Ada banyak alasan yang membuat tubuh kita membutuhkan makanan. Manusi membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Perut akan merasa lapar jika semua makanan dalam perut telah diproses.

Tubuh membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Setiap bagian tubuh menggunakan energi yang berasal dari makanan. Tanpa makanan yang cukup, tubuh tidak dapat tumbuh dengan baik. Makanan juga digunakan oleh tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap hangat. Oleh karena itu kita membutuhkan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada enam jenis nutrisi utama dalam makanan yang penting bagi tubuh. Keenam nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang seimbang. Jika kekurangan salah satu, dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh.

A.    Zat nutrisi pada makanan

  • Karbohidrat (hidrat arang)

    Karbohidrat diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar. Banyak bahan makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat. Seperti beras, sagu dan gandum.

  • Protein

    Fungsi utama protein dalam tubuh adalah sebagai zat pembangun, pembentuk sel yang baru, juga pengganti sel-sel yang rusak. Sumber protein ada dua yaitu dari hewan dan tumbuhan.


     

  •  
  • Lemak

    Lemak merupakan sumber energi yang mengandung kalori terbanyak. Fungsi lemak adalah sumber energi, juga sebagai pelarut vitamin A, D, E, K. Lemak juga merupakan pelindung organ dalam seperti jantung, dan sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah.

  • Mineral

    Mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh walaupun dalam jumlah kecil, dan berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur. Jika tubuh kita kekurangan mineral, maka kesehatan kita akan terganggu.

  • Vitamin

    Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur. Vitamin penting juga bagi pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Vitamin harus ada dalam tubuh manusia. Kekurangan vitamin menyebabkan kita mudah terserang penyakit. Penyakit akibat kekurangan vitamin disebut "avitaminosis", dan vitamin yang dibutuhkan tubuh antara lain vitamin A, B, C, D, E dan K.

  • Air

    Air mempunyai fungsi yang sama pentingnya. Fungsi utama air adalah sebagai berikut :

    • Mengangkut zat-zat makanan ke jaringan-jaringan tubuh.
    • Mengangkat sampah dari jaringan keluar dari tubuh.
    • Mengatur suhu tubuh.

Tubuh kita membutuhkan air mineral 2,5 liter setiap hari. Apabila tubuh kekurangan air, kita akan merasa haus. Tubuh kita agak keras. Bila hal tersebut terus terjadi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan kebutuhan air kita, sedangkan kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan

B.    Makanan yang mengandung kalsium

Sepanjang hidup, kita membutuhkan kalsium, mulai dari bayi sampai usia tua. Jumlah kebutuhan kalsium berbeda-beda untuk usia yang berbeda. Demikian juga dengan jenis kelamin membedakan asupan. Angka kecukupan kalsium rata-rata yang dianjurkan di Indonesia adalah 500 – 800 mg per orang per hari. Pada usia lanjut dan wanita menopause para ahli cenderung menganjurkan asupan sampai sekitar 1.000 mg/hari.

Susu memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Susu kambing 98 mg/100 gr, susu kerbau 216 mg/gr, susu bubuk full cream 895 mg/gr, susu bubuk skim 1.300 mg/gr, dan keju 777 mg/gr.

Kalsium bisa diperoleh dari sayuran hijau (bayam misalnya), buah-buahan, brokoli, serta tempe dan tahu. Dalam 100 gram kacang kedelai basah memiliki 196 mg kalsium, 100 gram kacang kedelai kering mengandung 227 mg kalsium. Dalam 100 gram sari kedelai bubuk terdapat 450 mg kalsium. Bungkil kacang tanah memiliki kandungan kalsium lebih banyak, yaitu 730 mg, sedangkan tempe kedelai murni 129 mg dan tahu 124 mg.

Sayuran yang mengandung kalsium antara lain : daun lamtoro 1.500 mg, daun kelor 440 mg, bayam merah 368 mg, bayam hijau 267 mg, daun talas 302 mg dan daun mlinjo 219 mg.

Banyak orang menyadari pentingnya kalsium dalam tubuh. Beberapa produsen makanan sehat menawarkan suplemen berkalsium tinggi. Produk-produk susu juga telah dilengkapi dan ditambahkan kalsium ke dalamnya. Bahkan ada produk susu yang khusus ditujukan untuk mencegah osteoporosis. Susu ini mengandung kalsium tinggi.

Ada tiga jenis suplemen kalsium yaitu : kalsium karbonat, kalsium sitrat, dan kalsium fosfat. Kalsium karbonat paling banyak digunakan dalam suplemen. Jenis ini paling baik diserap ketika dicerna bersama makanan. Kalsium sitrat justru penyerapannya paling baik jika dicerna tanpa makanan. Pada manusia normal, penyerapan dua jenis kalsium itu tidak banyak berbeda dan sebaik penyerapan kalsium dari susu. Pada sejumlah kecil individu dengan aclochydria (tidak ada asam pencernaan), kalsium sitrat ini lebih baik penyerapannya.

BAB V

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dengan hidup sehat, manusia dapat lebih produktif, karena dengan hidup sehat kita dapat beraktivitas dengan baik.

Kalsium salah satu mineral yang amat penting bagi manusia. Fungsinya untuk pembentukan tulang, metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

B.    Saran

Manusia harus sadar, dengan beredarnya macam-macam makanan yang terlihat unik namun bisa mengakibatkan fatal dengan mengkonsumsi sangat berlebihan. Maka dari itu, kita harus lebih mengutamakan makanan kesehatan.


 

DAFTAR PUSTAKA

Edison. USA : Addison Permata Yasin. M. 2002. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta : Cisafindo.

http://www.info-sehat.com/

http://www.keluarga sehat.com/

http://www.indomedia.com/

intisari/1999/September/kalsium.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar